Perhatian, Segini Besaran Zakat Fitrah 1442 H di Kabupaten Takalar

Zakat Fitrah
Ilustrasi Zakat Fitrah

Terkini.id, Takalar – Jelang pertengahan bulan Ramadhan 1442 Hijriyah / 2021 Masehi, pemerintah kabupaten Takalar telah menetapkan besaran jumlah Zakat Fitrah.

Ketetapan tersebut dicapai melalui keputusan bersama pemerintah kabupaten Takalar, Kementerian agama kabupaten Takalar, Majelis Ulama Indonesia Takalar, BAZNAS Takalar dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan kabupaten Takalar.

Dalam rapat yang digelar di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Takalar, Jum’at 16 April 2021, disepakati besaran kadar zakat fitrah didasarkan pada harga bahan makanan pokok yang di konsumsi sehari-hari. 

“Jadi telah disepakati jumlah dasar yang dijadikan patokan nilainya setara dengan 1 (satu) Sha’ atau 2,5 kg atau 4 liter beras perjiwa.”buka Amran Torada, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pemkab Takalar, Rabu 21 April 2021 kepada Terkini.id

Amran mengurai bahwa jika dikonversi  dengan uang, maka perincian besaran zakat fitrah untuk tahun 1442 H / 2021 M adalah Beras dengan kualitas premium adalah senilai Rp.40.000 atau setara 4 liter.

“Untuk Beras kualitas medium, senilai Rp.36.000. Beras kualitas Biasa senilai Rp.28.000. Jadi nilai ituper jiwa.”tukas Amran.

Selain Zakat Fitrah, di sepakati pula besaran nilai untuk Infaq Rumah Tangga Muslim (RTM) sebesar Rp. 10.000 setiap kepala keluarga.

“Telah disepakati juga pembayaran Fidyah bagi muslim/muslimah yang tidak berpuasa karena uzur syar’i. Ditetapkan sebesar Rp. 40.000 per hari.”kunci Amran.(eky)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Aleg Korban ‘Double Stick’: Ketua DPRD Takalar Pemicu Kericuhan

Meski Puasa Anggota DPRD Takalar Adu Jotos, Satu Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar