Review Axioo Pongo 760, Laptop Gaming Yang Membawa Upgrade Lumayan
Komentar

Review Axioo Pongo 760, Laptop Gaming Yang Membawa Upgrade Lumayan

Komentar

Terkini.id, Takalar – Axioo Pongo 760 merupakan laptop gaming 15 jutaan yang sudah menggunakan GPU RTX 4060. Laptop gaming ini membawa upgrade yang lumayan dibandingkan dengan seri Pongo Gen 1 dan Pongo 5.

Penasaran kan sebagus apa sih Axioo Pongo 760 ini? Dan apakah laptop gaming ini layak diboyong pulang? Untuk mengetahui seberapa bagus Axioo Pongo 760, silahkan simak ulasan berikut ini!

1. Desain

Secara desain, Axioo Pongo 760 terasa lebih kokoh dan tidak ringkih. Feelnya juga terasa lebih berisi dan disekeliling bodinya memiliki lekukan – lekukan yang memang menunjukkan karakter laptop gaming. Axioo Pongo 760 juga tidak terlalu tebal tak seperti seri Pongo sebelumnya, dimana ketebalannya hanya 2.39 cm saja dengan bobot 2,05Kg.

2. Layar

Beralih ke bagian layar Axioo Pongo 760 juga sudah cukup bagus, dimana digunakannya layar IPS FHD 1080P refresh rate 144Hz dengan 100% sRGB yang secara quality serupa dengan Axioo Pongo generasi sebelumnya, serta dengan coverage color gamut yang membuat laptop gaming otomatis sudah cukup capable untuk mendukung kebutuhan content creations yang kelasnya masih di entry.

3. Keyboard

Bagian keyboard menggunakan material yang sama persis dengan seri Pongo sebelumnya. Dari segi ini memang tidak ada upgrade namun rasanya cukup nyaman meskipun terasa kurang click untuk sekelas laptop gaming seperti ini.

4. Konektivitas & I/O Port

Selanjutnya soal I/O Port, memang diakui Axioo Pongo 760 memiliki banyak port mulai dari type A hingga Type C semuanya ada, HDMI, dan juga mini DisplayPort.

Kemudian soal konektivitas sudah menggunakan modul WiFi 6 AX201 yang sudah cukup populer untuk kebutuhan zaman sekarang seperti menjalankan berbagai macam online gaming atau bahkan streaming.

5. Storage & Upgradabality

Soal storage sudah upgrade yang cukup signifikan, dimana digunakannya SSD NVMe gen 4 512GB yang speednya sempat menyentuh 6800an MBps untuk read dan 4800an MBps untuk write-nya.

Lebih menariknya lagi, Axioo Pongo 760 sudah mendapatkan free upgradable storage sehingga total ada 2 storage yang bisa kamu pasang di laptop ini, yaitu SSD sata dan 2 SSD M2. Hebatnya lagi, RAM-nya sudah menjalankan dual channel 16GB 3200MHz.

6. Pengujian CPU Intel Core i7 12650H

Selanjutnya ke pengujian CPU Intel Core i7 12650H, Axioo Pongo 760 dijuji dengan menggunakan Cinebench R23 yang di-looping 10 kali berturut – turut. Terlihat kalau pick temperaturenya memang panas hingga mencapai 98 derajat celcius. Namun, itu tidak sepanas Axioo Pongo 5.

Kemudian untuk deviasi performance laptop ini juga dirasa berada di titik aman, yaitu di sekitar 3% dengan average skor di 14 ribuan point, maka berarti performa CPU-nya standar saja.

7. Gaming Benchmark

Axioo Pongo 760 tentu sudah diuji untuk penggunaan gaming kelas atas. Sebagai contoh, Cyberpunk 2077 di settingan Ray Tracing Ultra 1080p, fps average-nya berada dikisaran 61 an fps. Sementara itu, untuk game seperti F1, laptop gaming ini mampu running dengan stabil dengan fps average 98 an, serta dengan suhu GPU yang tidak seberapa panasnya, dimana mentoknya 78 an derajat celcius itu juga hanya di beberapa titik saja.

8. Daya Tahan Baterai

Selanjutnya soal daya tahan baterai yang telah diuji dengan menggunakan PC Mark 10 modern office, mode battery saver, dan WiFi On, Axioo Pongo 760 mampu bertahan hingga 4 jam 6 menit.

Menurut kamu, apakah Axioo Pongo 760 sudah cukup bagus dan layak dibawa pulang?