Kenali 5 Keunggulan Sony A7RV, Kamera dengan Kejernihan Tinggi dan Kebisingan Rendah
Komentar

Kenali 5 Keunggulan Sony A7RV, Kamera dengan Kejernihan Tinggi dan Kebisingan Rendah

Komentar

Terkini.id, TakalarSony A7RV adalah kamera mirrorless Sony canggih yang beresolusi paling tinggi di jajaran kamera Sony Alpha. Kamera yang memiliki huruf R (Resolution) di namanya ini biasanya digunakan fotografer.

Huruf R (Resolution) pada Sony A7RV ini dapat merekam sebanyak mungkin detail seperti fotografer landscape, fashion dan komersial yang sering cetak besar atau cropping. Untuk kalian yang penasaran dengan keunggulan lain dari Sony A7RV, yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Memiliki Desain Aergonomis.

Sony A7RV memiliki beberapa persamaan dengan pendahulunya A7R IV, yaitu dari segi desain body, penggunaan sensor full frame 61MP. Peningkatan-peningkatannya lebih banyak ke aspek lain.

Peningkatan yang paling penting adalah sistem autofokusnya yang menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence), sehingga dapat mengenali berbagai subjek dengan mudah dengan akurasi yang lebih tinggi.

Baca Juga

Kedua adalah layar LCD nya kini bisa dilipat ke samping, tapi juga bisa dilipat ke atas dan kebawah. Layar yang bisa dilipat di samping dan ke depan biasanya disukai videografer, dan layar yang bisa di-tilt ke atas, kebawah biasanya lebih disukai fotografer.

2. Mesin Pemroses XR.

Mesin pemroses BIONZ XR pada Sony A7RV menawarkan kinerja pemrosesan hingga 8x lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya, yang memungkinkan kinerja keseluruhan yang lebih cepat, kualitas gambar yang mengesankan dengan sensitivitas lebar dan rentang dinamis, dan pemrosesan yang lebih lancar yang mampu menangani sekumpulan tugas AI dan AF cerdas di samping proses pencitraan. Sistem pemrosesan ini juga mengurangi rana bergulir dan distorsi gerakan lainnya untuk rendering subjek yang bergerak dengan bersih.

Dalam hal kecepatan pemotretan, sensor dan prosesor memungkinkan pemotretan hingga 10 fps, pada resolusi penuh dengan rana mekanis, hingga 583 frame mentah terkompresi berturut-turut, dengan AF/AE penuh waktu. Jika memotret JPEG saja, lebih dari 1000 frame dapat direkam dalam satu burst.

3. Terdapat Sensor CMOS Exmor 61MP.

Sensor CMOS Exmor R 61MP full-frame ini menawarkan campuran resolusi luar biasa dengan tingkat kejernihan tinggi, kebisingan rendah, serta rentang dinamis 15-stop yang lebar.

Struktur sensor meningkatkan kualitas gambar yang mengesankan dan lapisan kabel tembaga secara dramatis meningkatkan kecepatan transmisi data untuk membuat gambar diam 61MP resolusi tinggi 14-bit dengan rentang sensitivitas dari ISO 100 hingga 32000 yang dapat diperluas lebih lanjut ke ISO 50-102400.

4. Fokus Bracketing.

Sony A7RV memperkenalkan Focus Bracketing, mode yang memungkinkan pengguna menyesuaikan step dan jumlah bidikan antara jarak fokus yang berbeda, hingga maksimal 299. Ini adalah kamera Sony pertama yang menampilkan teknologi inovatif ini.

Menu menyediakan dua opsi terkait fokus kamera untuk mempertahankan titik fokusnya saat ini atau menyesuaikannya untuk mencakup jarak yang lebih dekat dan lebih jauh.

Kamera ini juga menawarkan perataan eksposur, penundaan eksposur untuk memfasilitasi daur ulang flash, dan kemampuan untuk menyimpan gambar yang dikurung dalam direktori yang ditentukan.

5. Mendukung 8K 24p dan 4K 60 Perekaman Video.

Sony seri ini mampu merekam video UHD 8K 24p dan UHD 4K 60p XAVC HS 10-bit dengan menggunakan sensor lebar penuh guna menangkan ketajaman dan realisme yang mengesankan. Apabila menggunakan cutting super 35, perekaman pembacaan piksel penuh mampu hingga UHD 4K pada kecepatan frame hingga 30p (oversampling 6,2K dapat dipakai untuk ketajaman juga detail yang lebih besar).

Sony A7RV memungkinkan perekaman film gerak lambat hingga 4x dan 5x dengan pemutaran kecepatan frame diatur ke 30p atau 24p. Selain itu, tidak ada batas waktu perekaman yang memungkinkan hasil klip yang lebih lama.